Kamis, 28 Januari 2010

APLIKASI METODE TAKAGI-SUGENO PADA CARA KERJA MESIN CUCI

ABSTRAK



Kata Kunci : Logika Fuzzy, Metode Takagi-Sugeno, Mesin Cuci

Logika adalah cabang matematika yang penting dan diperluas sebagai logika fuzzy. Secara umum logika fuzzy adalah suatu cara yang tepat untuk memetakan suatu ruang input ke dalam ruang output. Aplikasi logika fuzzy sudah mulai dirasakan pada beberapa bidang, salah satu aplikasi terpentingnya adalah untuk membantu manusia dalam melakukan pengambilan keputusan.
Sudah banyak peralatan sekarang yang mengadopsi logika fuzzy diantaranya adalah mesin cuci. Metode yang digunakan dalam skripsi ini adalah metode Takagi-Sugeno yang diaplikasikan pada cara kerja mesin cuci yaitu metode yang menggunakan pendekatan sistematis aturan fuzzy dari himpunan data input-output yang diberikan. Secara umum aturan fuzzynya berbentuk: IF x is A AND y is B THEN z = f (x,y).
Pada cara kerja mesin cuci terdiri dari dua proses yaitu proses pencucian serta proses pembilasan dan pengeringan. Pada proses pencucian inputnya berupa jumlah air, jumlah deterjen dan berat pakaian, kemudian dengan menggunakan proses pengujian 1 dan 2 didapatkan hasil output berupa waktu putaran pencucian. Sedangkan pada proses pembilasan dan pengeringan input berupa jumlah air, berat pakaian dan jumlah pelembut, kemudian dengan menggunakan proses pengujian 1 dan 2 didapatkan hasil output berupa waktu putaran pembilasan dan pengeringan. Hasil ouput pada proses pencucian, pembilasan dan pengeringan didapatkan dari menghitung nilai rata-rata terbobot (z). Pada proses pencucian hasil output untuk penghitungan 1 yaitu z = 15 menit untuk penghitungan 2 yaitu z = 21,51 menit, artinya dengan memasukkan variabel input pada proses pencucian membutuhkan waktu untuk mencuci selama 15 menit dan 20 menit. Sedangkan pada proses pembilasan dan pengeringan hasil output untuk penghitungan 1 yaitu z = 20 menit dan penghitungan 2 yaitu z = 28,44 menit, artinya dengan memasukkan variabel input pada proses pembilasan dan pengeringan membutuhkan waktu untuk mencuci selama 20 menit dan 28,44 menit
Pada pembahasan skripsi ini metode yang digunakan pada cara kerja mesin cuci adalah metode Takagi-Sugeno, oleh karena itu diharapkan pada skripsi yang lain dapat dikembangkan dengan metode lain dan menambah variabel yang lebih banyak.

1 komentar:

proaplikasi mengatakan...

Terima kasih sharingnya, http://proaplikasi.com/?1._Source_Code_Aplikasi_Fuzzy_Sugeno